Minggu, 28 November 2010

Tampil Memikat dengan Bakat

Bakat diberikan sebagai karunia dari Allah. Memaksimalkannya dan memupuk sikap sang juara sangat bergunan untuk meraih keberhasilan.
Keunikan sebuah karunia...
Keunikan akan membawa kita pada spesifikasi da spesialisasi keahlian yang mengisi setiap ruang kehidupan manusia. Percepatan yang kini terjadi dalam kehidupan pun menuntut keahlian spesifik yang bisa mengatasi berbagai kebutuhan yang timbul. Kebutuhan-kebutuhan inilah yang dipenuhi oleh Allah melalui apa yang disebut dengan bakat.
Bakat adalah keunikan dan dimiliki secara spesifik oleh setiap orang. Bakat menurut bahasa adalah dasar (kepandaian, sifat dan pembawaan) yang dibawa sejak lahir. Namun, Kang Hernowo lebih suka menyebut bakat sebagai potensi yang dimiliki oleh seseorang.
Bakat atau potensi manusia kemudian dikelompokkan lagi oleh Howard Gardner menjadi 8 kelompok. Gardner menyebutnya sebagai 8 kecerdasan:
1. Kecerdasan Linguistik
Merupakan kecerdsasan yang membuat seseorang memiliki kemampuan yang mengagumkan untuk berkomunikasi, menulis dengan gaya yang segar, menguasai bahasa asing dengan mudah, serta selalu berkomunikasi dengan bahasa yang baru setiap harinya.
2. Kecerdasan Visual-Spasial
Akan membuat pemiliknya sangat akurat membedakan bentuk warna, menuangkan gambaran abstrak yang masih ada dalam benak, serta memiliki daya pikir yang luar biasa untuk menciptakan rancang bangun yang mungkin tak terpikirkan sama sekali oleh orang lain.
3. Kecerdasan Kinestetis
Tak hanya meliputi gerakan tubuh semata tapi juga meliputi kecerdasan untuk menggabungkan gerakan tubuh dengan pikiran untuk menyepurnakan suatu gerakan.
4. Kecerdasan Logika Matematika
Meliputi bebarapa aspek seerti kemapuan melakukan berpikir logis, perhitungan matematis memecahkan masalah, pela pikir deduksi dan induksi serta kemampuan mengenali pola hubungan.
5. Kecerdasan Interpersonal
Memungkinkan seseorang memiliki kemampuan yang baik untuk berkomunikasi dan memahami orang lain, mengerti kondisi pikiran dan suasana hati, sikap atau temperamen, serta motivasi dan kepribadian.
6. Kecerdasan Intrapersonal
Berhubungan dengan diri sendiri. Orang dengan kecerdasan intrapersonal mampu memahami apa yang terjadi pada dirinya, sekaligus pembuat rencana dan strategi yang ulung.
7. Kecerdasan Musikal
Dimiliki oleh orang-orang dengan kemampuan yang tinggi dalam mengapresiasikan beraneka jenis suara dan melodi. Orang yang memiliki kecerdasan ini memiliki kepekaan untuk memahami sesuatu yang berada dalam irama.
8. Kecerdasan Naturalis
Kecerdasan terakhir yang ditemukan oleh Gardner. Kecerdasan ini sangat berperan untuk mengembangkan kepekaan terhadap hukum sebab akibat dan kemampuan untuk survive di alam bebas.
Teori dan kecerdasan oleh Gardner kini berdampingan dengan beberapa teori kecerdasan yang diakui kebenarannya, di antaranya adalah teori 5 kecerdasan.
Arif Rahman, tokoh pendidikan Indonesia menjelaskan 5 kecerdasan itu adalah kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, kecerdasan intelekual, kecerdasan sosial dan kecerdasan jasmani.
Untuk mengasah bakat yang kita miliki, lakukan anjuran Kang Hermowo, seperti di bawah ini...
1. Miliki teladan yang nyata dan sukses sesuai dengan bakat yang dimiliki.
2. Banyak membaca dan menambah pengetahuan.
3. Temukan karakter diri.

0 comments:

Posting Komentar

 

Site Info


ShoutMix chat widget

Term of Use

Aisyah "Baby" Shafa Copyright © 2009 Community is Designed by Bie