Minggu, 28 November 2010

Galilah Potensi Anda

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari sepasang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikanmu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”.
Bila kita melihat ayat di atas, semestinya manusia tidak menganggap dirinya lemah atau hina, padahal di mata Allah kita semua sama. Hanya saja kalitas manusia hanya dilihat pada sejauh mana mereka mampu memaksimalkan potensi yang ada pada mereka. Hal ini yan gtak pernah kita sadari.
Glenn van Ekeren pernah menulis,”Semua orang diciptakan dengan kemampuan yang sama untuk menjadi laind aripada yan glain. Walaupun kita tidak diciptakan sama, masing-masing memiliki kemampuan yang menonjo dalam bidang tertentu dalam bidang tertentu dalam kehidupan kita. Salah satu unsur dasar sukses adalah ahli di bidang anda”.
Hanya saja, banyak di antara kita yang tidak pernah menyadari potensi diri kita sendiri. Karena itu, “Identifukasikanlah apa yang menghambat anda menjadi hebat. Lalu berupayalah mengubah kelemahan anda menjadi kekuatan”, ujar Terry Bradshaw.
Tetapi harus diakui, menemukan potensi diri dan kemudian meggalinya menjadi lebih maksimal itu, sangatlah tidak mudah.
Namun, “Banyak jalan menuju Roma”, begitulah ujar The King of Dangdut, Roma Irama. Dengan syarat, potensi itu diiringi oleh sikap disiplin yang baik.
Menurut Jacson Brown, “Talenta tanpa disiplon adalah seperti seekor gurita main sepatu roda. Banyak gerakan tetapi anda tidak pernah tahu apakah maju, mundur, atau ke samping”.
Ibarat kata, antara potensi dan disiplin itu seperti dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Hidup disiplin adalah ketika kita telah mengerti fungsi waktu.
Pesan Thomas Wolfe, “Kalau seseorang memiliki talenta dan tidak menggunakannya, ia gagal. Kalau ia memiliki talenta dan menggunakan hanya separuhnya, ia separuh gagal. Kalau ia memiliki talenta dan belajar menggunakan keseluruhannya, ia sukses dengan penuh kemuliaan dan meraih kepuasan serta kemenangan yang tidak banyak dikenal orang.
Apakah kita bisa menggali potensi itu dan kemudian menggunakannya?? Inginkah kita sukses?? Tanyakanlah pada diri kita dan katakan “KITA BISA”!!!

0 comments:

Posting Komentar

 

Site Info


ShoutMix chat widget

Term of Use

Aisyah "Baby" Shafa Copyright © 2009 Community is Designed by Bie